Indofood Nasi Goreng Pedas vs Sajiku Nasi Goreng Rasa Pedas

Friday, October 07, 2016 9 Comments

Karena judulnya masih anak kos, maka bahasan kali ini tidak jauh dari kehidupan seputar anak kos. Menu yang akan saya bahas adalah nasi goreng. Makanan ini cukup familiar dan banyak orang yang suka. Kalau biasanya saya meracik bumbu dasar semacam bawang putih, garam, cabai, maka sekarang saya baru kepikiran seberapa enakkah bumbu instan nasi goreng.

Sekarang kan banyak sekali macam bumbu instan tuh. Sampe buat goreng tempe aja ada bumbu instannya.

Nah, makanya saya penasaran. Terlebih kemaren pas jalan-jalan ke Carrefour, saya baru melapar dan kepikiran nasi yang nganggur. Dari sekian banyak pilihan, saya menimbang berat untuk membeli produk Indofood yang 5rb-an dengan Sajiku yang cuman membandrol dengan harga 1.500-an. Well, cara begonya, semakin mahal semakin enak, dong. Tapi, saya tetap penasaran dengan yang murah. XD Jadilah saya ambil keduanya.

Sesampainya di kos, ternyata saya tidak jadi membuat nasi goreng hahaha.. Baru pada keesokan harinya saya berhasil mencoba.

Indofood Nasi Goreng Pedas
Ini yang pertama saya coba. Pertimbangan saya, karena harganya mahalan, seharusnya lebih enakan. Dan jika enakan, maka nanti jika ada yang tidak lebih enak dari pada ini, pasti ketahuan banget gap-nya.

Bumbu instan Indofood ini, ternyata berbentuk seperti pasta. Cara masaknya, setelah dibuka, ditumis dulu, semacam menumis bumbu manual/membuat nasi goreng biasa. Cara masaknya sederhana kalau dari petunjuk dibungkusnya: sobek, tuang bumbu lalu tumis, masukkan nasi, aduk sampai tercampur rata. Selesai. Tapi saya membuat improvisasi, dengan menambahkan mie rebus, supaya menjadi semacam magelangan.

Hasilnya
Rasanya ternyata tidak seperti judulnya. Sama sekali tidak pedas. Karena bumbu pasta nasi gorengnya sudah dicampur kecap, maka seharusnya tidak ditambah kecap pun tidak apa-apa. Tapi masalah selera juga sih.

Untuk masalah rasa, saya agak kecewa. Lebih kuat penguat rasanya ala micin. Berasa masak nasi goreng bumbu racik manual yang kebanyakan micin. Micinnya sangat kerasa. Menurut saya, rasanya fail banget.

Sajiku Nasi Goreng Rasa Pedas
Besoknya. Berbanding terbalik dengan Indofood, bumbu nasi goreng dari Sajiku berupa serbuk. Bisa dibilang bumbu kering. Dan masaknya juga berbeda. Tuang minyak, masukkan nasi, baru bumbunya ditabur. Hasilnya, nasi goreng yang cenderung 'lebih kering'.

Saya masukkan beberapa bakso hasil jarahan teman yang diiris-iris, supaya agak rame. Terserah juga sih jika mau dikasih campuran yang lain, telurkah atau sayuran semisal jagung sisir. Jika mau dikasih jagung sisir, sebaiknya ditumis dulu hingga setengah matang, baru kemudian disusul dimasukkan nasi.

Hasilnya
Rasanya, di luar tekstur nasi yang lebih kering, sama dengan Indofood nasi goreng. Berasa micin, thok. Another big fail as before. Dan tidak ada rasa pedas. Sama sekali.

Bagi saya yang rada anti dengan rasa micin yang terlalu kuat, maka 2 bumbu instan itu bakalan saya coret dari list.

Memang mendingan meracik sendiri. Kalaupun harus make micin, bisa mengatur sendiri kadar micinnya. Rasa gurih yang keluar dari tumisan bawang tetap juwarak. Tetapi, it was worth a try. Sehingga saya tidak kepikiran lagi untuk menggunakan bumbu instan lagi, hahaha..

Disclaimer: Tidak ada maksud untuk menjelek-jelekkan suatu produk di sini. Ini murni hanya pengalaman saya dan murni pendapat saya. Bisa jadi ada yang merasa bahwa rasa bumbu instan yang dimaksud di atas, biasa saja/enak-enak saja.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Do you think I forgot to change this text? No, dude. I did it on purpose ahahahay..

9 comments

Write comments
Oyong Ilham
AUTHOR
October 21, 2016 at 10:17 PM delete

jadi teringat waktu kost dulu ... stok indomie nya banyak banget karena malas mau masak ...:)

Reply
avatar
Aqied
AUTHOR
October 24, 2016 at 3:39 PM delete

Era capcay sudah berganti jd nasigoreng kah?

Reply
avatar
Ahmad
AUTHOR
January 19, 2017 at 8:11 PM delete

untuk yang serba cepat bisa stok indomie banyak2

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
February 24, 2017 at 7:44 PM delete

Kobe bumbu nasi goreng poll pedas enak, gak rasa micin dan pedesnya beneran ������

Reply
avatar
tom
AUTHOR
March 6, 2017 at 7:42 AM delete

Hahaha.. sama sih ini. Tapi niatnya lebih kalau kepepet belum masak keburu lapar duluan. Padahal ini lebih sering kejadian hahaha.. :v

Reply
avatar
tom
AUTHOR
March 6, 2017 at 7:43 AM delete

Capcay masih sih, Kak.. Tapi jarang kekeke.. Masak iya gitu terus? Ya to?

Reply
avatar
tom
AUTHOR
March 6, 2017 at 7:43 AM delete

Hahaha.. Bener banget! So pasti, so yes-lah :D

Reply
avatar
tom
AUTHOR
March 6, 2017 at 7:44 AM delete

Wooogh.. Noted! Mumpung masih tanggal muda, musti masuk ke list syoping hehehe..

Reply
avatar
April 8, 2018 at 5:06 PM delete

Ditunggu review bumbu racik berikutnya buat anak kost gan, wkwkwk

Reply
avatar