Memfoto obyek dalam gelap

Wednesday, September 14, 2016 0 Comments

Beberapa waktu lalu, ketika liburan Idul Adha, saya menghabiskan waktu 3 hari di rumah. Saya berhasil mencetak rekor. Padahal biasanya, saya tidak terlalu betah berlama-lama di rumah dengan alasan hidung. Ya alhamdulillah, kemaren hanya hampir kumat alergi di hari kedua. Untungnya bisa saya buat istirahat juga, sehingga alerginya tidak tambah uwau. Idul Adha selalu terjadi pada tanggal 10 tiap bulan Dzulhijah. Itu artinya, bulan sedang dalam proses puncak bagus-bagusnya untuk 5 hari ke depan dan 5 hari setelahnya (cooling down). Dan kemaren malam tanggal 11, saya berkesempatan memfoto obyek dalam balutan malam #tsah.

Ceritanya saya baru luang. Dan kepikiran untuk mencoba fitur kamera Zenfone 2 mode manual. Terus terang, saya juaaarang menggunakan fitur ini. Susah soalnya.

Dan kemaren kebetulan tidak ada kegiatan. Pergi ke halaman depan, cekrak-cekrek sampe hape panas. Mungkin lelah dan capek saya jadikan mainan. It was fun. The results were not that good, but nothing could be compared to the fun.. Berlagak seperti udah pro aja kemaren. Kalau tidak karena lehernya pegal karena mendongak mencoba mengabadikan bulan, sepertinya mungkin belum akan disudahi.

Jadi, ini beberapa hasil jepretan hape saya. Yah, memang tidak bisa dibandingkan dengan jepretan fotografer profesional pun dengan kamera beneran yang bener-bener kamera. Setidaknya memuaskan saya sendiri :D Dan lagi, saya cukup suka ketika obyek yang lain tidak kelihatan, hanya terlihat sebagai background hitam dan lebih menonjolkan obyek utamanya.

Ini adalah lampu penerangan di emper rumah simbah..
Tapi yang ini memakai mode auto. Pengecualian :D Memakai mode manual tidak pernah bisa sebagus ini.

Pohon jambu di depan rumah.

Bulan. Percobaan pertama. Lama sekali mengambil foto ini.

Asal jepret aja memakai mode auto hahaha..

Namanya bunga rumput (atau tanaman) kecingan. 

Ada pohon sawo juga di depan rumah.

Kalau ini namanya tebon (Bahasa Jawa) atau sorgum
Bunga entah-apalah-namanya. Foto ini foto lama sebenarnya :D



Masih butuh latihan lagi, paling tidak supaya tahu batasan-batasan menggunakan mode manual. Nanti, kalau sudah luang lagi hehehe.. Untuk saat ini cukup mengandalkan flash dan mode auto nyiahahaha.. XD

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Do you think I forgot to change this text? No, dude. I did it on purpose ahahahay..