Memblock Facebook

Tuesday, March 27, 2012 0 Comments

Siapa yang gak kenal Facebook? Bahkan anak-anak SD pun sekarang sudah punya akun Facebook. Teman saya bahkan sudah membuatkan akun Facebook untuk anaknya yang baru beberapa bulan lahir. Keren..

Enough with the chit-chat. Di saat orang - orang pada keranjingan Facebook, saya pengen membagi cara membloknya melalui cara termudah. Yah, dengan konsekuensi, tidak dirubah balik konfigurasinya karena ini merupakan cara termudah tadi :D

Kenapa musti di blok?
Saya mungkin tergolong orang dengan low-self-control. Tipe orang yang kalau pas seneng, keranjingan sampe bosan. Atau kalau benci, ya benci banget. Kind of that person. Begitu pun dengan masalah Facebook ini. Gara gara ada bahasan OOT di group Facebook yang saya ikuti, saya jadi sering bolak balik cek akun Facebook guna sekedar liat-perkembangan-terbaru. Efek sampingnya, otomatis saya kadang menggadaikan waktu kerja/ istirahat dan sebagainya.. It's all because of Facebook! Untungnya, saya juga tipe orang yang bisa self-motivated. That's why I need to block it!

Caranya?
Note : Saya make Linux, distro Linux Mint. Tapi pada dasarnya, semua Linux sama sih *makanya saya lebih merujuk ke 'linux'-nya daripada ke 'mint' (merek)-nya.

  1. Buka Terminal
  2. Ketik sudo gedit /etc/hosts
  3. Tambahkan satu baris baru :
    127.0.0.1 www.facebook.com
  4. Save and done..
  5. That simple
Untuk lebih jelasnya, berikut skrinsut file hosts saya :

File /etc/hosts
Masalahnya, kebutuhan akan Facebook mungkin terlalu besar kali yah.. Nah, makanya itu saya bilang, mudah dibloknya, mudah pula dibalikinnya. Terkadang ketika saya ingin sekali mengakses Facebook, saya men-disable filter dengan menambahkan tanda pagar '#' di baris paling awal di bagian filter untuk Facebook.

Namanya juga manusia :D

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Do you think I forgot to change this text? No, dude. I did it on purpose ahahahay..