RabbitVCS : A TortoiseSVN Like On Linux

Saturday, January 14, 2012 0 Comments

Sebenarnya saya sudah pernah melakukan instalasi RabbitVCS ini di lappie saya. Cuman, seperti instalasi software yang belum masuk repo; saya ndak begitu hapal dengan alamat reponya. Prinsipnya, selama masih bisa akses Google, everything is OK :D Tapi, kemudian kok rasa-rasanya gimanaaa gitu kalo harus terlalu bergantung pada mbah yang satu itu. Kan, udah pernah install, kok ya mau install lagi aja musti pusing cari link. Kalo saya posting di sini kan mending kan yak. Pertama, saya punya catatan --mempersempit ruang gerak. Kedua, kali aja ada yang butuh juga, terus nyasar di sini. Siapa tau membantu..

Sik.. sik.. RabbitVCS ki opo mas?
Jadi gini, kalau misalnya udah familiar dengan subversioning, RabbitVCS maupun TortoisseSVN adalah sejenis. Subversioning itu sendiri,, gimana menjelaskannya ya? :D Itu sopwer yang digunakan dalam coding secara terpusat, sehingga source-nya uptodate. Biasa dipakai dalam coding 'secara massa'. Kira-kira begitulah, kurang lebih :D

Terus bedanya RabbitVCS sama TortoiseSVN apa?
Jadi, kalau RabbitVCS merupakan subversion-client yang jalan di Linux, semacam Ubuntu. Si Rabit ini mendukung Subversion dan juga Git. Subversion dan Git itu fungsinya sama, cuman metode yang dipakai dalam management berbeda. Sedangkan TortoiseSVN populer sebagai software subversion-client yang jalan di system Windows. Kebanyakan orang Windows-based yang baru migrasi, tahu TortoiseSVN terlebih dahulu. Tapi itu ndak masalah sih. Cuman sayangnya, si Tortoise ini *sepanjang yang saya tahu* hanya bisa untuk subversioning saja. Mungkin untuk git-nya belum. Atau mungkin memang tidak mengembangkan, karena di luar sana sudah bertebaran git-client. Beda dengan yang si RabbitVCS yang mendukung subversion maupun git. 

Anu.. Terus installnya gimana? 
Bentar to.. Ini juga mau dibahas. Sooo,,, Prime tiiime...!

[Preambule]
  • I am using Linux Mint 11, based on Ubuntu 11.04
  • For reference and update, go to RabbitVCS's Wiki
[How To Section]
  1. Add repo RabbitVCS :
    sudo add-apt-repository ppa:rabbitvcs/ppa
  2. Update :
    sudo apt-get update
  3. Install the RabbitVCS
    sudo apt-get install rabbitvcs-core rabbitvcs-nautilus rabbitvcs-thunar rabbitvcs-gedit rabbitvcs-cli
  4. Done. Now, you've got to do is log out OR inside terminal, restart the nautilus by command :
    nautilus -q
[Screenshot(s)]
Penampakan RabbitVCS


Now, that you've got subversion-client on your machine, go checkout then :) And enjoy it.. 

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Do you think I forgot to change this text? No, dude. I did it on purpose ahahahay..