Ana Walang Mencok Nang Dhong Pelem

Sunday, April 22, 2012 0 Comments

Minggu April 22, 11.07 AM
Masih di dalam kamar kosan yang panas minta ampun *berbeda dengan ketika di kantor yang ber-AC*, menikmati hari Minggu yang sepi *halah*

.. Ana walang kayu mencok nang (go)dhong pelem di depan kos. Mengingatkanku dengan suasana udik nun jauh di sana :D Sebagai orang berdarah Gunungkidul yang kurang tahu seluk beluk Gunungkidul itu sendiri, padahal besar dan *pernah* menempuh hidup di Gunungkidul, saya sudah akrab dengan yang namanya walang (Indonesia : belalang). Siapa juga yang tidak kenal dengan makanan favorit warga Gunungkidul ini.. Ya.. makanan. Terdengar aneh? Jangan heran. Bahkan ulat pohon besi (nama kerennya pohon ulin) saja menjadi makanan musiman yang digemari dan banyak dicari. Masing masing daerah punya kekhasan tersendiri sih ya :)

Walang.. Lagi lagi makhluk itu mengingatkanku ketika jaman saya masih sekolah. Meski banyak diburu, tapi saya adalah pengecualian :D Saya tidak doyan walang. Bukannya jijik atau apa. Tapi karena masalah alergi. Ya, efek samping walang adalah seperti udang. Dan memang rasanya seperti udang sih *katanya yang makan* Umm... sebaiknya diluruskan dulu. Jadi gini,,, *hening* saya dulu termasuk penggemar walang. Apalagi kalau dimasak pedas manis khas nenekku *tidak ada yang menandingi*, saya bisa bolak balik dapur nyomotin belalang :D

Dan ya, itu dulu,,, Duluuu.. sekali. Sampai di suatu titik saya ketika mengalami masa yang paling WOW. Jatuh dari motor, nabrak pohon waru dalam session learning-driving-motorbike-by-live-trying.. Padahal waktu itu mboncengin my-older-brada, yang notabene sebulan lagi mau nikahan :D

*back to the story*
Sampai pada suatu titik, ketika saya dalam masa penyembuhan *sudah di rumah*, ada yang masak walang. Widiii... gak kebayang deh pengennya. Singkat kata, makanlah saya waktu itu.. Cuman sedikit sih, karena memang katanya gak boleh makan banyak banyak karena katanya kalau masih dalam masa penyembuhan (khitan/ terluka kek pas habis jatuh dari motor) tidak boleh makan daging termasuk walang. Dan alhasil, meskipun saya sudah susah payah membangun sugesti tidak apa apa, tetap saja ada pengaruhnya. Gatel. The main side-effect. Aaak.. Jadilah saya semaleman tidak tidur gegara garuk-garuk di seluruh tubuh. Dan sejak itu, saya ogah kalau di suruh makan belalang. Trauma. Better not!

Si walang kayu berwarna kuning yang nempel di dhong pelem masih aja di situ, di tempatnya semula dia hinggap. FYI, walang kayu adalah jenis walang yang agak keras, paling brigas (paling lincah di kelasnya) dan juga sekaligus yang paling enak rasanya. Saya sendiri kurang begitu tahu rasa masing-masing jenis walang, mengingat seingat saya, semua walang yang pernah saya rasakan (semua jenis walang bisa dimakan) rasanya enak, terkecuali tentu saja walang sangit *kalo yang satu ini sih, cuman numpang nama 'walang' saja*

Saking favoritnya, sampai ada yang jual. Gak main-main,
satu renteng belalang mentah isi 100 dijual 30 rebu,
kalo bisa nawar ya (orang lokal), 25rebu dapetlah
Penampakan yang sudah siap santap

Banyak juga yang jualin, buat oleh oleh


Beberapa minggu yang lalu saya mudik. Saya biasanya mudik sebulan sekali, untuk menghemat ongkos kirim, eh ongkos bensin :D Dan di rumah, masih ada pekerja buruh yang membantu mamak menyelesaikan urusan perpanenan. Habis panen padi ceritanya. Dan taraaa.. *jreng-jreng* ada yang masak walang! Baiklah,, Saya beranikan diri untuk icip-icip hehehe.. Bisa dibayangkan rasa belalang yang telah hilang dari ingatan, mencuat kembali saat itu. Jujur, kali itu adalah kali pertama setelah yang terakhir. Berarti ada 6 tahun saya puasa gak makan belalang. Waktu itu, masa bodo' juga sih perkara nanti gatel-gatel gegara ndak cocok. Singkat kata, I'm fine till the end :D Memang pertama-tama saya merasakan agak gatal disekitaran mulut, tapi cuman bentar kemudian hilang. Yaaaaaayy.....

Saya bisa makan belalang lagi..... :D
Sesuatu yah heeee :D

Sampai tulisan ini hampir mencapai akhir ceritanya, si walang kayu berwarna kuning itu masi nempel ditempatnya hinggap..

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Do you think I forgot to change this text? No, dude. I did it on purpose ahahahay..