Ketika harus sakit

Saturday, February 02, 2013 0 Comments

Sakit mungkin menjadi sesuatu hal yang biasa buat saya, mengingat saya orangnya mudah sakit, mudah pula sembuhnya. Tapi itu untuk kasus yang biasa. Flu ringan. Karena ternyata ada yang luar biasa. Ceritanya hari Rabu (30/1) pagi saya sudah dapet bad feeling, cuaca gak enak, sneezing frequently even though the sun shined brightly. Dalam artian bahasa tubuh saya, itu sinyal, ntar siang cuacanya labil bro. Kurang lebih begitu. Dan benarlah. Belum sampai siang, gejala flu saya semakin menjadi. Meler. Kepala berat. Seharian capek menambal hidung yang mewek. Haish.. sangat merepotkan.

Biasanya, kalau gejala flu seperti itu, setelah pulang kerja lalu buat istirahat (baca : tidur) paginya sudah enteng. Lhah,, ini Kamis (31/1) malah kepala rasanya tuing-tuing --tambah berat pening dipucuk ubun ubun; badan rasanya gak enak panas-dingin, gak ada istri lagi.. Duh! (Ya iyalah, orang belum nikah hahaha)
Alhasil, hari itu saya gak masuk kerja. Seharian itu saya cuman tidur di kamar kos. Seharian juga jungkir balik merapatkan selimut sambil pindah posisi miring kanan, telentang, miring kanan lagi, telentang lagi (Kok miring kiri gak? Gak baik buat organ sebelah kiri, memberatkan kinerja jantung dan organ sebelah kiri--red). Kedinginan yang teramat sangat meskipun siang. Sudah kayak vampire saja, siang siang gak keluar. Terang saja, orang mau keluar aras-arasen wal males. Cuman bedanya ini saya malem juga males :D Kalau tidak ingat belum makan, paling gak keluar tuh. 

Sayangnya, 1-siang 2-malam buat istirahat (kerjaan saya cuman tidur) itu belum bisa membuat saya lebih baik. Kamis sore sempat mbatin, kalo sampe besok pagi belum sembuh/ minimal baikan, bakal saya bawa ke rumah sakit.

Jum'at, 1 Februari 2013
Dan alhasil, sampai hari raya pun saya masih belum baikan juga. Duh! Ini penyakit manja bener minta dibawa ke rumah sakit segala. Nantangin kayaknya.

Dokter : DB
Badan saya memang kurang enak. Panas dingin, plus kemlieng ato Bahasa Indonesia-nya agak berputar putar, pusing tapi tidak. Cenderung ke 'pening'. Tapi itu tidak menyurutkan niat saya untuk ke rumah sakit. Sendiri bro! Kalau bukan karena kosan gak ada orang, termasuk yang jaga baru pergi ke luar kota; gak bakal nekat gitu saya. Pokoknya pengalaman menantang maut. 

Singkat cerita, saya akhirnya ditakutkan oleh dokter terjangkit DB. What?! Kemaren saya tenang tenang saja, lantaran sepemahaman saya, DB tuh identik dengan demam dan bintik bintik merah. Tapi pemahaman saya dan dokter beda ternyata. Kalau saya theory-based hasil sekolah dulu (pun saya juga belum pernah punya pengalaman kena DB --jangan sampai deh) DB adalah itu tadi, demam dan bintik-bintik merah, sedangkan kalo dokter, DB tergantung hasil lab. Akhirnya, daripada mendapatkan praduga tak bersalah, eh, praduga yang salah, saya tes darah. Lama juga nunggu hasil labnya keluar. Saya sampai bisa apdet aplikasi menggunakan sepid dewa menggunakan free access di WiFi rumah sakit. Kapan kapan saya main ke RS ah, sekedar bisa internetan gratis. Lumayan, bisa hemat kuota hahaha (oops).

Hasilnya, saya negative DB. Syukurlah. Tapi dengan kondisi normal minimal trombosit 150k, saya di level 155k, apalagi didukung dengan suhu tubuh saya 38 derajat C, nyaris saja saya masuk kategori DB. Kalo sampai positive, trus saya mondok, trus nyak babe musti bagi tugas nungguin embah di rumah, trus kerjaan gak kelar kelar, trus 'Aaaaaargh'.. Bisa meledak saya mikirnya. Untung belum sampai taraf itu :D Sama seperti praduga dokter sebelum cek lab, kemungkinan hanya panas 'biasa'. Kayaknya ini dokter mencoba menenangkan saya saja. Mana ada panas 'biasa' sampai 3 hari. Tapi berhasil juga sih, at least, saya gak terlalu khawatir. Kata dokter, jika berdasar hari Jum'at adalah hari ke-3 saya demam dan saya merasa flat-flat saja, gak ada peningkatan demam atau bagaimana, yang nota-bene jika diukur dari kacamata DB hari ketiga merupakan puncak demam, maka kemungkinan saya terjangkit DB menjadi lebih kecil. Tapi akan lebih meyakinkan jika ada hasil lab yang menguatkan pernyataan itu. And it's negative! Yay!

Malamnya..
Obat dari dokter emang manjur. Apa karena harganya yang mahal itu ya? >.<  Baru diminum sekali saja udah kerasa efeknya. Saya bahkan bisa melek sampai jam 10 malam dalam kondisi mendingan dan dalam sudah berganti baju sekali karena panas dan berkeringat seperti layaknya orang sehat berkeringat. Bukan karena keringat dingin lagi.

Sabtu 2 Februari 2013
Saya sudah bisa melakukan pekerjaan yang kemaren sempat tertunda seperti mencuci selimut dan jaket 2 potong, yang bau apek karena keringat dingin. Tapi masih sering pusing sih.. Tekanan darah saya mungkin masih tinggi? Soalnya ketika di tensi oleh perawat kemaren sebelum masuk ke ruang dokter (gak tau ini masuk golongan triage bukan), tekanan darah saya 120/85 yang kata Mbak Perawatnya normalnya 120/80 saja. Bahkan sama Mbak Perawatnya saya sempat ditanya apakah saya penderita hipertensi. Dengan tegas saya jawab 'Oh, tidak! Saya penderita tekanan darah rendah 100% dari dulu', lalu mbaknya diam..  

Saya juga belum bisa kalo duduk/ mondar-mandir lama lama atau memforsir otak terlalu lama atau berfikir serius terlalu lama atau terlalu serius mikirin jodoh #ehh (yang terakhir ini becanda doang hehehe.. ). Kalau dipaksain bisa tuing tuing. Kalau kepalaku ada warning-lamp-nya, mungkin udah nyala tuh. Yah, semoga ini bisa sembuh juga seiring berjalannya waktu.

Eh, jarang lho saya bisa nulis sedemikian panjang. Ini aja ada yang saya skip karena ndak terlalu penting, tapi saya sebenarnya pengen tulis di sini. Mungkin saya harus rilis versi uncut-nya kali ya hahaha..
Eh (lagi), perasaan collapse 2 hari saya kok malah tambah ndut yah? Semoga emang cuman perasaan saya aja hahaha.. 

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Do you think I forgot to change this text? No, dude. I did it on purpose ahahahay..