Regex.. is a must

Regex, yang merupakan 'nickname'-nya regular expressions, merupakan suatu hal yang 'sesuatu' banget. Hari ini (lirik tanggal di pojok kanan atas komputer), Rabu (16/1), saya bertemu lagi dengan dia (regex --red.) dalam rangka konversi antara (lagi-lagi) 'LOAD DATA INFILE' ke mysqlimport, masih nyambung dengan tulisan yang kemaren. Sebenarnya tidak harus sih, mysqlimport menggunakan regex, cuman dalam kasus saya, saya musti menyesuaikan isi file, yang itu akan lebih efektif dan efisien kalau dikerjakan menggunakan regex. 

Bagi yang belum tahu regex, bisa main main ke tempat ini : http://www.regular-expressions.info/. Kalau berbasis hasil pencarian google menyoal regex, kemungkinan besar dia yang nongol paling atas. Sedikit mengulas 'apa dan bagaimana', jika kita pernah melakukan pencarian file menggunakan format *.txt (atau sejenis), itulah regex dalam formasi sederhana yang sudah kita kenal.

Flash-back
Ada komunikasi satu arah antara 2 software 'serupa namun tak sama' dari software versi desktop ke aplikasi versi web dengan menggunakan text file. Dulunya menggunakan 'LOAD DATA INFILE' sudah cukup menyelesaikan masalah. Tetapi, berhubung sejak Ubuntu 12.04 mulai menyertakan Mysql dengan 'LOAD DATA INFILE' yang di-disable, maka musti memikirkan cara lain. Ketika masalah upload file ke database sudah ditangani, ada kasus lagi bahwa boolean antara yang desktop dengan yang web berbeda, sehingga perlu konversi.

Editing File via PHP
Dengan mempertimbangkan file yang masuk masih bisa di-handle, maka dengan kombinasi file_get_contents(), preg_replace(), dan file_put_contents() and viola... it's done. 

Yang jadi sorotan  sebenarnya yang preg_replace() itu, dimana saya meminta bantuan Pak Bos untuk urusan regex-nya karena ketidaktahuan saya :D Saya sungguh mengambil resiko dengan sangat melecehkan harga diri saya sendiri, menerima matengnya seperti itu (waktu itu sudah buka buka referensi, cuman terlalu banyak waktu yang dibutuhkan untuk waktu yang mepet), tapi mau bagaimana lagi. Tidak ada dosa dalam 'kepepet' hehehe (segera akan dipakai soalnya) .. 

Efek sampingnya, saya sudah download situs http://www.regular-expressions.info/ dengan menggunakan keampuhan wget hahaha.. Ada yang mau? Just PM me. Hari gini, regex gak bisa.. *mengejek diri sendiri* #plakk :D

4 comments:

  1. Akhirnya saya nemu lagi blog Linux yang up to date :D

    Saya dapat dari milis, Kang. Terima kasih.

    Mengenai posting, saya tahunya nama Regex itu saja dan sedikit sekali pemakaiannya. Database, belum paham, Kang.

    Terima kasih. Apresiasi saya untuk penulis Linux Indonesia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, bisa aja. Ini blog saya termasuk kategori jarang update lho :D Blognya Mas Ade Malsasa lebih uptodate tuh. Keren-keren lagi ilmunya :D Kalah saya menyoal something like Otodidak etc.

      Ini saya cuma lebih cenderung ke 'diary' saja, kali aja saya membutuhkan (dan dalam beberapa kasus memang saya sering bolak balik liat blog sekedar liat setting tertentu). Kalau ada ilmunya, sukur deh hehehe..

      Delete
    2. Dan aku akan lebih tidak peduli.

      Anda telah menulis tentang Linux dan menyokong open source dengan tulisan, sesuatu yang sangat mahal bagi saya. Terima kasih.

      Otodidak masih bayi, siapa saja bisa menulis tentangnya :) Ilmu saya tidak ada yang keren. Diri ini malah fakir dan serba kekurangan.

      Yap, saya yakin sesuatu yang bermula dari sederhana, nanti bisa berkembang jadi luar biasa. Memangnya kenapa dengan diary? Bukankah jika bermanfaat untuk orang lain, itu akan sangat menakjubkan? :)

      Budaya menulis itu mahal. Lebih dari permata dan mutiara. Jadi orang yang mempertahankannya, layak dapat apresiasi. Menulis terus ya, Mas? :D

      Delete
    3. Hahaha.. kalau ada yang menyemangati/ ada yang ngajak saingan aktif-aktifan blog, saya jadi pengen update lagi :D Selama ini ngeblog sendirian kayak gak ada greget-nya #plakk

      Delete